Senin, 01 Agustus 2011

Rakor Pengurus BAZ


Bertempat di balai nikah Kantor Urusan Agama, Pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) kecamatan Pandak belum lama  ini telah mengadakan rapat konsolidasi. Pertemuan tersebut dihadiri Suradal SPd selaku Ketua BAZ, Kepala Intansi dan Lurah se kecamatan Pandak. Prapto Nugraha, SH mewakili Camat Pandak dalam sambutannya mengatakan, bahwa keberadaan BAZ di kecamatan Pandak selama ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya bagi kaum duafa’, namun demikian perlunya diambil langkah-langkah strategis bagi Pengurus BAZ untuk meningkatkan penerimaan infak dan zakat agar semakin banyak yang dapat dibantu. Pemerintah kecamatan dalam hal ini memberikan penghargaan kepada para pengurus atas pengabdiaanya dalam rangka beribadah sekaligus membantu pemerintah mengurangi problem sosial.


Senada dengan Camat Pandak,  Rohwan, S,Ag. MSI selaku Pembina BAZ mengharapkan agar kedepan  para Aghnia khususnya penerima pendapatan rutin seperti PNS dapat membayarkan zakat maalnya kepada BAZ disamping tetap berinfak. Lebih lanjut Rohwan mencontohkan bahwa selama ini semua pegawai KUA kecamatan Pandak telah membayarkan zakat maalnya sejumlah 2,5 % dari gaji pokok melalui BAZ Kabupaten Bantul, namun demikian setiap bulan masih dianjurkan untuk berinfak secara sukarela dalam rangka menambah penerimaan BAZ ditingkat kecamatan.
Dalam kesempatan tersebut juga dilaporkan oleh bendahara BAZ Subiyanto, S.Pd, jumlah penerimaan BAZ sampai dengan bulan Juli 2011 terkumpul 7.650.000,- . dana tersebut tersimpan di rekening Kantor Pos.  Rapat konsolidasi tersebut menghasilkan tiga keputusan, pertama, jumlah infak rutin dari intansi ditingkakan dari mininal Rp. 2000 menjadi Rp. 3.500,-. kedua, jumlah penerimaan akan disampaikan pada saat pengajian rutin hari kamis minggu terakhr di Pendopo kecamatan Pandak sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat dan ketiga akan dibuat kotak infak kaca yang akan disebar diberbagai tempat yang strategis sebagai upaya menambah penerimaaan BAZ.

0 comments:

Posting Komentar