Selasa, 19 Juli 2011

Pengukuhan Lembaga Dakwah Kec. Pandak


Bertempat di pendopo kecamatan pandak, minggu 3 april 2011 dilakukan kegiatan pengukuhan lembaga dakwah dan pembukaan manasik haji kec. Pandak. Rohwan, S.Ag., (Kepala KUA Pandak) selaku penyelenggara dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan pengukuhan lembaga dakwah tersebut adalah Badan Amil Zakat (BAZ), Badan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4), Lembaga Pembina Pengamalan Agama (LP2A), Lembaga Pengembagan Tilawatil Qur’an (LPTQ), Majlis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia(IPHI). Rohwan menambahkan, setelah acara pembukaan manasik haji di pendopo kecamatan, kegiatan manasik haji berikutnya akan dilaksanakan pada setiap hari jum’at bulan April, Mei dan Juni, mulai jam 13.00-16.00 bertempat di balai nikah KUA Kec. Pandak selama 10 kali pertemuan. Manasik haji tahun ini diikuti oleh 33 calon jamaah dan akan dibimbing oleh pengurus IPHI dan ormas Islam antara lain Drs. KH Habib Abd Syakur, Drs. KH Damanhuri, Drs. H. Thoyib Hidayat dan dr Attobari, M.Kes untuk materi kesehatan.
Sementara itu Camat Pandak, Indriyanta, SIP dalam amanatnya mengatakan “ pemerintah kecamatan memberikan penghargaan kepada para ulama dan tokoh masyarakat atas peran sertanya dalam pembinaan umat melalui lembaga dakwah. Indriyanta mengakui pemerintah tidak bisa berbuat banyak tanpa dukungan dari para tokoh masyarakat, disamping itu bahwa keberadaan lembaga dakwah selama ini dapat dijadikan benteng pertahanan terhadap ajaran ajaran yang menyesatkan masyarakat , oleh karena itu lebih lanjut Indriyanta mengharapkan agar kegiatan pengukuhan kali ini tidak hanya bersifat formalitas dan jalan di tempat, tetapi hendaknya segera dilakukan langkah-langkah konkrit dan responsip terhadap persoalan masyarakat.
Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Drs. Rohyadi, MA., Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kab. Bantul yang sekaligus mengisi materi “kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan haji tahun 2011”. Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh K. Murtadlo selaku Ketua MUI Kec. Pandak.

0 comments:

Posting Komentar